Sunday, October 2, 2011

Food Hunting ( Es krim Gelato )

hahaha.
menuliskan judul saja, terasa ingin tertawa lepas. Food Hunting. Apaan itu ? Seharusnya ditulis saja dengan bahasa Indonesia mix English. Hunting Makanan atau apalah... :)

Sejak melihat salah satu channel televisi, yang membahas cara pembuatan Es krim Gelato, saya jadi semakin penasaran ingin mencobanya yang katanya tidak mengandung bahan pengawet. Karena saya anak Pangan, jadi harus benar - benar tahu produk makanan apapun itu. Entah dari Singkong, Tebu, Pati atau pare harus tahu ! (Alamaaakkk....)

Berhubung uang saku saya yang saya kumpulin untuk membeli barang batal, ternyata banyak juga, hehe.... saya mau ambil sedikit uang itu untuk beli sesuatu. Ya, makanan. Bukan barang. Karena saya bosan membeli barang. Why ? Harus menghabiskan waktu berjam - jam untuk teliti membeli dan ujungnya, hanya satu barang yang dibeli.

Sekarang, saya mau berbagi sedikit materi tentang Es krim Gelato. Ini bukan Es krim biasa. Es krim yang berasal dari negara menara miring, pizza. Italia. Saya mencoba Es krim gelato ini di salah satu mall di Solo. Satu cup atau cone diberi harga Rp 12.500. Saya mencoba rasa mint dan chocolate. Delicious!
Gelato memilki kandungan lemak mentega yang lebih sedikit daripada es krim. Pada beberapa penelitian, gelato rasa vanila dan coklat memiliki kurang dari 10 persen lemak mentega. Namun hal ini tidak mengurangi kadar rasanya. Bahkan gelato dianggap lebih nikmat daripada es krim dan mencair lebih cepat di mulut.
Gelato memiliki kepadatan yang lebih tinggi dibanding es krim. Es krim diproduksi dengan campuran krim, susu, dan gula yang kemudian ditambah udara. Hal ini dilakukan untuk menambah dua kali lipat kuantitas es krim, tapi mengurangi kualitas setengahnya. Sedangkan gelato tidak ditambahkan udara sehingga terciptalah makanan penutup dengan kualitas tinggi dan kaya krim.
Gelato dihidangkan sedikit lebih hangat dari es krim, yakni sekitar 10 sampai 15 derajat. Karena itu teksturnya lebih lembut dan rasanya akan lebih nikmat ketika mencair di mulut. Gelato menggunakan buah-buahan segar, kacang, coklat, susu, krim, dan tidak menggunakan sirup seperti halnya es krim.





nb :
foto hanya pake kamera hp, gak ada flash, langsung jepret, jadi hasilnya seperti ini.

sumber es krim gelato :
http://www.ogahrugi.com/article/view_article/146/gelato-sama-dengan-es-krim

No comments:

Post a Comment